WAKALA DIRHAM BIMA

Tuesday 28 June 2011

Efek Domino Krisis Yunani

Krisis Yunani memberikan efek domino pada negara lain. Swiss National Bank (SNB) menyatakan, meskipun perbankan Swiss memiliki eksposur yang tidak terlalu besar pada Yunani, namun dampak dari kemungkinan gagal bayar utang Yunani tetap akan mendestabilisasi sistem keuangan global. Pada akhirnya tetap berimbas pada kondisi keuangan Swiss.

Wakil Kepala SNB, Thomas Jordan mengatakan, efek lanjutan restrukturisasi utang Yunani akan semakin meningkatkan dukungan pada laju penguatan Swiss franc. Hal tersebut kemudian akan menekan keuntungan eksportir Swiss yang sementara ini telah menahan SNB menaikkan suku bunga demi menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi.

Eksposur langsung perbankan Swiss terhadap negara kawasan uni Eropa terhitung mengalami penurunan menjadi 46 miliar franc pada akhir 2010 dibandingkan pada 2009 yaitu 60 miliar franc. Perbankan diperkirakan tetap akan menghadapi kerugian jika krisis Yunani terus menyebar. Pada akhirnya, Jordan optimis bahwa otoritas Uni Eropa akan dapat menangani eskalasi krisis keuangan kawasan tersebut.

Swiss franc melanjutkan penguatannya terhadap euro pada awal pekan ini setelah menteri-menteri keuangan Uni Eropa menunda keputusan pada kelanjutan pemberian pinjaman darurat untuk Yunani.


Sumber : www.wakalanusantara.com dan Kontanonline 21 Juni 2011

No comments:

Post a Comment