WAKALA DIRHAM BIMA

Saturday 5 February 2011

Beberapa Fakta Mengenai Riba

1. Tahukah anda bahwa, riba, faedah, dan bunga itu adalah benda yang sama?

2. Tahukah anda bahwa riba adalah masalah utama yang menyebabkan perbedaan jurang ekonomi dimana mereka yang miskin menjadi semakin miskin dan yang kaya menjadi semakin kaya?

3. Tahukah anda bahwa riba juga salah satu penyebab jatuhnya Kekhalifahan Utsmaniyyah ?

4. Tahukah anda karangan William Shakespeare berjudul "Merchant of Venice" berkisar mengenai pengambilan riba?

5. Tahukah anda bahwa Allah SWT dan Rasul-Nya akan memerangi mereka yang tidak meninggalkan sisa riba ? (Surah Al Baqarah 2:279)

6. Tahukah anda bahwa mengambil riba, memberi riba, mencatat dan menjadi saksi pada urusan riba itu dosanya adalah sama? (Shahih Muslim)

7. Tahukah anda bahwa larangan riba' juga terdapat didalam Kitab Injil? (Imamat 25:35-37, Keluaran 22:25, dll.)

8. Tahukah anda bahwa terdapat 70 jenis riba'? Dan yang paling kecil dosanya adalah seperti berzina dengan ibu sendiri? (Ibnu Majah, Baihaqi)

9. Tahukah anda bahwa menerima satu dirham (uang perak) riba dengan menyadarinya, dosanya lebih besar dari berzina 36 kali? (Ahmad)

10. Tahukah anda bahwa semasa isra’ mikraj, Nabi SAW melihat mereka yang makan riba perutnya dipenuhi dengan ular? (Ahmad, Ibn Majah)

11. Tahukah anda bahwa akan tiba masanya tidak ada seorang pun didunia ini yang tidak makan riba, jika dia tidak terlibat dengan riba sekalipun, debu atau uap riba akan kena padanya (Sahih Abu Daud)

Referensi: The Prohibition of Riba In The Quran & Sunnah oleh Sheikh Imran Hossein

No comments:

Post a Comment